TEMA 3: PENGALAMAN
1. KEGIATAN BERSAMA KELUARGA
Bahasa Indonesia
p.130
Melengkapi cerita
p.134
Membaca cerita dan menceritakan kembali
p.136
melengkapi cerita
p.138
membaca cerita dan membuat pertanyaan dengan kata tanya apa
p.141
membaca cerita dan menjawab pertanyaan
PKN
p.133
Manfaat lingkungan alam tumbuhan
1. lingkungan
alam: terjadi dengan sendirinya, tidak dibuat manusia
contoh: sungai, hutan, gunung, dan
laut
manfaat :
·
untuk tempat wisata
·
untuk mencari nafkah
2. lingkungan
buatan: dibuat oleh manusia, dikelola oleh manusia
contoh: taman, sawah dan cagar
alam
manfaat :
·
untuk rekreasi
·
untuk bercocok tanam
Matematika
p.131
Tanda waktu pada jam
Malam (01.00) – Siang (12.00)
Siang (12.00) – Malam (24.00)
09.00 dibaca pukul sembilan pagi
21.00 dibaca pukul dua puluh satu atau pukul sembilan malam
IPA
p.137
Menyebutkan contoh benda padat:
Rumah
|
Sekolah
|
Jalan
|
Televisi, meja, kursi, cangkir, toples kue, vas bunga
|
Papan tulis, rak buku
|
Mobil, rambu lalu lintas
|
Benda padat adalah benda yang bentuknya tetap meskipun
dipindah ke tempat lain
p.142
Ciri-ciri benda padat
1.
bentuk dan ukurannya tetap
2.
memiliki berat
3.
isinya tetap
4.
menempati ruang
IPS
p. 139
Menceritakan peristiwa penting
Dokumen menyimpan peristiwa penting.
Belajar menceritakan peristiwa yang berkesan berdasarkan
foto
2. PENGALAMAN MENGENAL HEWAN
Bahasa Indonesia
p.146
membaca cerita dan melengkapi kalimat
p.149
membaca cerita dan menyusun kata acak menjadi kalimat
p.151
Membaca percakapan dan bertanya menggunakan kata tanya siapa
p.156
menulis kalimat tegak bersambung
p.157
mendengarkan cerita dan menceritakan kembali
PKN
p.147
Manfaat lingkungan alam (dunia hewan)
Hewan memiliki banyak manfaat bagi manusia:
1.
dagingnya sebagai makanan: sapi, ayam, ikan
2.
menghasilkan susu: sapi, kambing
3.
menghasilkan madu: lebah
4.
menghasilkan telur: ayam, bebek
5.
dimanfaatkan tenaganya: kuda, kerbau
Matematika
p.153
Menyatakan lama waktu kegiatan
IPA
p.150
Contoh benda cair
Rumah
|
Sekolah
|
Jalan
|
susu, kecap, minyak goreng
|
Air, teh, kopi
|
Sirup, jus buah, susu
|
p.155
Contoh benda cair: air sungai, hujan
Ciri-ciri benda cair:
1.
bentuk benda cair berubah sesuai dengan
tempatnya
2.
isi benda cair tetap
IPS
p.158
Menceritakan peristiwa penting secara berurutan
Peristiwa yang terjadi memiliki waktu kejadian yang berbeda.
3. BERLIBUR KE RUMAH KAKEK
Bahasa Indonesia
p.162
mendengarkan cerita dan bertanya menggunakan kata tanya
dimana
p.167
menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung
p.169
bertanya menggunakan kata tanya mengapa
kata tanya mengapa digunakan untuk menanyakan sebab
p.173
mendeklamasikan puisi
p.174
membaca cerita dan menceritakan isi cerita
PKN
p.168
Pentingnya lingkungan
alam tumbuhan
Kentang, tomat, kacang panjang dan buncis dapat dijadikan
bahan makanan
Tumbuhan menjadi sumber udara segar dan sumber makanan
Matematika
p.164
Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek atau sama
panjang
p.171
Mengukur panjang dengan satuan tidak baku :
·
jengkal: rentangan telapak tangan dari ujung
kelingking sampai ujung ibu jari
·
hasta: sepanjang lengan tangan dari siku sampai
ujung jari tengah
·
depa: ukuran sepanjang rentangan kedua tangan
·
telapak kaki: ukuran sepanjang telapak kaki
·
langkah: ukuran sepanjang satu langkah kaki
p.175
Mengukur panjang benda dengan satuan baku .
Dengan alat ukur tidak baku
hasil pengukuran tiap orang berbeda.
Agar hasilnya sama, mereka harus menggunakan alat ukur baku .
Contoh alat ukur baku :
·
penggaris: digunakan untuk membuat garis di buku
atau mengukur panjang benda
·
meteran kain: untuk mengukur panjang kain
·
rol meter kecil: digunakan tukang bangunan atau
tukang kayu untuk mengukur panjang bangunan atau panjang kayu
·
rol meter besar: digunakan untuk mengukur
panjang dan lebar tanah
IPA
p.169
Perubahan bentuk benda
Plastisin dapat berubah bentuk jika ditekan, digulung, dipotong,
digunting
Kayu berubah bentuk jika dipotong dengan gergaji.
Kayu dapat diubah bentuknya menjadi meja, kursi, dan lemari.
IPS
p.165
Menceritakan peristiwa penting secara urut
Pengalaman ada yang:
·
menyenangkan: belajar menanam tomat, memanen
kentang
·
menyedihkan: jatuh di sawah, berpisah dengan
kakek
Menceritakan pengalaman secara urut:
·
hari pertama: diajak kakek menanam tomat
·
hari kedua: diajak kakek memanen kentang
·
hari ketiga: terjatuh di sawah
·
hari keempat: berpisah dengan kakek
4. MEMELIHARA LINGKUNGAN SEKITAR
Bahasa Indonesia
p.179
menceritakan kembali isi cerita
p.181
membaca teks pendek, menyusun kalimat acak menjadi cerita
p.186
Mendeklamasikan puisi
Isi puisi: Aku berikan, memelihara dan menjaga satu pohon
untuk dunia
Aku berharap pohon itu bisa menghijaukan bumi dengan daunnya
dan menyejukkan bumi dengan ranting dan cabangnya.
p.189
menulis kalimat yang didiktekan guru
p.191
menggunakan kata tanya kapan dan bagaimana
Kata tanya kapan digunakan untuk menanyakan waktu
Kata tanya bagaimana salah satunya digunakan untuk
menanyakan pendapat kepada orang lain.
PKN
p.189
Pentingnya hewan bagi manusia
·
menghasilkan madu: lebah
·
sumber makanan: ayam, sapi, kambing
·
sumber tenaga: kuda, kerbau
Matematika
p.185
memilih alat ukur baku
yang sesuai
p.187
memilih alat ukur yang sesuai diantara alat ukur baku dan tidak baku
IPA
p.180
Perubahan wujud benda tanah liat
Tanah liat yang bercampur air akan menjadi lempung kental
Lempung jika dipanaskan akan menjadi padat
IPS
p.183
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
Foto-foto Mita berlibur ke Kebun Raya diurutkan, kemudian
Mita menceritakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar