BAHASA
Tema 1
Hal: 3-4; 7-8; 11-12; 15-16; 20-21;
26; 27-28; 30-31; 34-35; 38-40; 42-43; 44-45; 52-54; 58-59; 63-64
Tema 2
Hal: 66-67; 69-71; 73-74; 76-77;
84-88; 89-90; 95; 102; 104-107; 111-112; 117-120; 123-124; 127-128
Tema 3:
Hal: 130-131; 135-136; 138-140;
144-147; 148-149; 151-152; 154-155; 157-158; 161-162; 164-165; 168-169;
171-173; 176-177; 181-182; 184; 186-188
Tema 4:
Hal: 194-195; 197-198; 201-203;
205-206; 208-210; 214-215; 216-218; 219-222; 225-227; 229-231; 232-233;
236-238; 241-243; 245-246; 248-250; 253-254
Mengidentifikasi
pengalaman (p.3, 20)
Pengalaman
berkesan adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
Pengalaman
berkesan dapat dibedakan menjadi 2:
·
Pengalaman yang menyenangkan
Contoh:
berkunjung ke rumah kakek; berkebun di rumah kakek; bersalaman dengan bupati
·
Pengalaman yang menyedihkan
Contoh:
jatuh dari sepeda
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan (p.38, 63)
Membuat
kalimat dengan memperhatikan ejaan.
Penggunaan
huruf besar:
·
Huruf pertama pada awal kalimat (p.8)
·
Menuliskan nama orang: Pak Rudi, Bu Ani (p.8)
·
Menuliskan nama suku bangsa: suku Jawa, suku
Sunda (p.26)
·
Menuliskan nama bangsa: bangsa Indonesia, bangsa
Cina (p.31)
·
Huruf pertama nama hari dan bulan: hari Senin,
bulan Januari (p.76)
·
Huruf pertama nama tempat: Bandar Udara Sukarno
Hatta, Taman Asri (p.14)
·
Huruf pertama nama geografi (nama jalan, kota,
sungai, laut, danau, gunung, pulau, benua, samudra, teluk dan selat): Jalan
Mawar, Laut Banda, Sungai Musi (p.138, 157)
·
Huruf pertama nama kota: Yogyakarta (p.144)
Menyebutkan
kembali isi penjelasan/melakukan kegiatan sesuai penjelasan yang didengar
contoh:
·
Membuat penggaris (p.15)
·
Pengelompokkan tumbuhan(p.30)
·
Menulis nama lingkungan alam dan menyebutkan
manfaatnya (p.39)
·
Membuat telur dadar (p.58)
·
Pencegahan demam berdarah (p.66)
·
Hidup Rukun (p.89)
·
Menemukan penyebab lingkungan tidak sehat di
sekitar sekolah (p.102)
·
Membersihkan lingkungan sekolah (p.118)
Melengkapi
puisi:
·
Api Unggunku (p.45)
·
Sekolahku (p.198)
·
Bermain bersama (p.220)
·
Ibu (p.236)
Membuat
puisi berdasarkan gambar (p.248)
Menyusun
kalimat menjadi paragraph (p.52, 111, 127, 171, 181)
Menjelaskan
urutan membuat sesuatu, contoh:
·
Membuat sapu lidi (p.70)
·
Membuat es jeruk (p.84)
·
Cara menerbangkan layang-layang (p.105)
·
Menanam cabai (p.123)
·
Membuat celengan (p.135)
·
Cara membuat topeng (p.148)
·
Membuat pesawat kertas (p.155)
·
Membuat agar-agar (168)
·
Cara menggunakan telepon umum (p.184)
Membaca teks
Membaca
cerita dengan nyaring,intonasi dan lafal yang jelas.
Membaca nyaring artinya membaca dengan
suara keras dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Intonasi: tinggi rendahnya nada
kalimat
Lafal: pengucapan kata dengan jelas
dan benar
·
Cerita Si Kora (p.11)
·
Lomba Baca Puisi (p.27)
·
Bertualang Mencari Jejak (p.34)
·
Perubahan pada Makhluk Hidup (p.42)
·
Di Pantai (p.53)
·
Pemerah Susu dan Embernya (p.59)
Menjelaskan
kata-kata yang sulit.
1.
Pencegahan Demam Berdarah (p.73)
·
Menggenang = air yang mengumpul karena tidak
mengalir
·
Berkumpul, nyamuk, beribadah, kerja bakti
2.
Nelayan (p.106)
·
Nelayan = orang yang mata pencaharian utamanya
adalah menangkap ikan (di laut)
·
Angin darat, angin laut, jala, aman
3.
Belanja di Supermarket (p.140)
·
Supermarket = pusat perbelanjaan modern
·
Diskon, troli, kasir, uang kembalian
Menjawab
pertanyaan
·
Berbagi dengan Tetangga (p. 86)
·
Ayo Jaga Kebersihan (p.119) à menjawab pertanyaan
dan menyimpulkan isi teks
·
Toko Pramuka (p.152)
·
Bertamu (p.162)
·
Pesta Pernikahan (p.173)
·
Berkunjung ke Museum Nasional (p.176)à dan menyimpulkan isi
teks
·
Perjuangan Pohon Bambu (p.202) à dan menceritakan
kembali
·
Raja dan Penjahit Istana (p. 217) à dan menceritakan
kembali
·
Penebang Kayu dan Kapak Kayu (p.221) à dan menceritakan
kembali
·
Singa dan Tikus (p.225) à dan menceritakan kembali
·
Burung Gagak dan Sebuah Kendi (p.245) à dan menceritakan
kembali
Memberi
tanggapan terhadap masalah sederhana yang terjadi di lingkungan:
·
Melihat teman membuang sampah di lantai (p.194)
·
Melihat teman mencoret-coret lemari (p.201)
·
Sampah yang dibuang tidak pada tempatnya (p.214)
·
Warga yang membuang sampah sembarangan (p.232)
·
Supaya pekerjaan cepat selesai (p.237)
·
Cara menjaga kebersihan lingkungan (p.254)
Mendengarkan cerita
Mengomentari
tokoh cerita, menjelaskan karakter tokoh cerita:
·
Anjing dan bayangannya (p.131)
·
Keledai pintar dan kuda bodoh (p.146)
·
Dua ekor kambing (p.165)
·
Kecelakaan (p.182)
·
Kura-kura dan kancil (p.186)
·
Semut hitam dan semut merah (p.205)
·
Meminjam Boneka (p.208)
·
Dito Rajin Membantu (p.229)
·
Pelajaran Berharga (p.242)
·
Menjadi tukang pos sehari (p. 249)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar