RUMAH RINGKASAN

Rabu, 09 Desember 2015

Kelas 3 Tema 1 - 4 (Bahasa Indonesia)

BAHASA


Tema 1
Hal: 3-4; 7-8; 11-12; 15-16; 20-21; 26; 27-28; 30-31; 34-35; 38-40; 42-43; 44-45; 52-54; 58-59; 63-64
Tema 2
Hal: 66-67; 69-71; 73-74; 76-77; 84-88; 89-90; 95; 102; 104-107; 111-112; 117-120; 123-124; 127-128
Tema 3:
Hal: 130-131; 135-136; 138-140; 144-147; 148-149; 151-152; 154-155; 157-158; 161-162; 164-165; 168-169; 171-173; 176-177; 181-182; 184; 186-188
Tema 4:
Hal: 194-195; 197-198; 201-203; 205-206; 208-210; 214-215; 216-218; 219-222; 225-227; 229-231; 232-233; 236-238; 241-243; 245-246; 248-250; 253-254

Mengidentifikasi pengalaman (p.3, 20)
Pengalaman berkesan adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
Pengalaman berkesan dapat dibedakan menjadi 2:
·         Pengalaman yang menyenangkan
Contoh: berkunjung ke rumah kakek; berkebun di rumah kakek; bersalaman dengan bupati
·         Pengalaman yang menyedihkan
Contoh: jatuh dari sepeda
Menceritakan pengalaman yang mengesankan (p.38, 63)

Membuat kalimat dengan memperhatikan ejaan.
Penggunaan huruf besar:
·         Huruf pertama pada awal kalimat (p.8)
·         Menuliskan nama orang: Pak Rudi, Bu Ani (p.8)
·         Menuliskan nama suku bangsa: suku Jawa, suku Sunda (p.26)
·         Menuliskan nama bangsa: bangsa Indonesia, bangsa Cina (p.31)
·         Huruf pertama nama hari dan bulan: hari Senin, bulan Januari (p.76)
·         Huruf pertama nama tempat: Bandar Udara Sukarno Hatta, Taman Asri (p.14)
·         Huruf pertama nama geografi (nama jalan, kota, sungai, laut, danau, gunung, pulau, benua, samudra, teluk dan selat): Jalan Mawar, Laut Banda, Sungai Musi (p.138, 157)
·         Huruf pertama nama kota: Yogyakarta (p.144)

Menyebutkan kembali isi penjelasan/melakukan kegiatan sesuai penjelasan yang didengar contoh:
·         Membuat penggaris (p.15)
·         Pengelompokkan tumbuhan(p.30)
·         Menulis nama lingkungan alam dan menyebutkan manfaatnya (p.39)
·         Membuat telur dadar (p.58)
·         Pencegahan demam berdarah (p.66)
·         Hidup Rukun (p.89)
·         Menemukan penyebab lingkungan tidak sehat di sekitar sekolah (p.102)
·         Membersihkan lingkungan sekolah (p.118)

Melengkapi puisi:
·         Api Unggunku (p.45)
·         Sekolahku (p.198)
·         Bermain bersama (p.220)
·         Ibu (p.236)
Membuat puisi berdasarkan gambar (p.248)

Menyusun kalimat menjadi paragraph (p.52, 111, 127, 171, 181)

Menjelaskan urutan membuat sesuatu, contoh:
·         Membuat sapu lidi (p.70)
·         Membuat es jeruk (p.84)
·         Cara menerbangkan layang-layang (p.105)
·         Menanam cabai (p.123)
·         Membuat celengan (p.135)
·         Cara membuat topeng (p.148)
·         Membuat pesawat kertas (p.155)
·         Membuat agar-agar (168)
·         Cara menggunakan telepon umum (p.184)

Membaca teks

Membaca cerita dengan nyaring,intonasi dan lafal yang jelas.
Membaca nyaring artinya membaca dengan suara keras dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Intonasi: tinggi rendahnya nada kalimat
Lafal: pengucapan kata dengan jelas dan benar
·         Cerita Si Kora (p.11)
·         Lomba Baca Puisi (p.27)
·         Bertualang Mencari Jejak (p.34)
·         Perubahan pada Makhluk Hidup (p.42)
·         Di Pantai (p.53)
·         Pemerah Susu dan Embernya (p.59)

Menjelaskan kata-kata yang sulit.
1.       Pencegahan Demam Berdarah (p.73)
·         Menggenang = air yang mengumpul karena tidak mengalir
·         Berkumpul, nyamuk, beribadah, kerja bakti
2.       Nelayan (p.106)
·         Nelayan = orang yang mata pencaharian utamanya adalah menangkap ikan (di laut)
·         Angin darat, angin laut, jala, aman
3.       Belanja di Supermarket (p.140)
·         Supermarket = pusat perbelanjaan modern
·         Diskon, troli, kasir, uang kembalian

Menjawab pertanyaan
·         Berbagi dengan Tetangga (p. 86)
·         Ayo Jaga Kebersihan (p.119) à menjawab pertanyaan dan menyimpulkan isi teks
·         Toko Pramuka (p.152)
·         Bertamu (p.162)
·         Pesta Pernikahan (p.173)
·         Berkunjung ke Museum Nasional (p.176)à dan menyimpulkan isi teks
·         Perjuangan Pohon Bambu (p.202) à dan menceritakan kembali
·         Raja dan Penjahit Istana (p. 217) à dan menceritakan kembali
·         Penebang Kayu dan Kapak Kayu (p.221) à dan menceritakan kembali
·         Singa dan Tikus (p.225) à dan menceritakan kembali
·         Burung Gagak dan Sebuah Kendi (p.245) à dan menceritakan kembali

Memberi tanggapan terhadap masalah sederhana yang terjadi di lingkungan:
·         Melihat teman membuang sampah di lantai (p.194)
·         Melihat teman mencoret-coret lemari (p.201)
·         Sampah yang dibuang tidak pada tempatnya (p.214)
·         Warga yang membuang sampah sembarangan (p.232)
·         Supaya pekerjaan cepat selesai (p.237)
·         Cara menjaga kebersihan lingkungan (p.254)

Mendengarkan cerita

Mengomentari tokoh cerita, menjelaskan karakter tokoh cerita:
·         Anjing dan bayangannya (p.131)
·         Keledai pintar dan kuda bodoh (p.146)
·         Dua ekor kambing (p.165)
·         Kecelakaan (p.182)
·         Kura-kura dan kancil (p.186)
·         Semut hitam dan semut merah (p.205)
·         Meminjam Boneka (p.208)
·         Dito Rajin Membantu (p.229)
·         Pelajaran Berharga (p.242)
·         Menjadi tukang pos sehari (p. 249)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar