Tema 2: LINGKUNGAN
IPS
Hal: 77-79;
93-95; 112-113; 126-127
Cara
memelihara lingkungan alam
Lingkungan
bisa selalu bersih bila tiap warga memiliki kesadaran.
Cara
memelihara lingkungan adalah:
·
Memisahkan jenis sampah: sampah basah dan sampah
kering
·
Menanam pohon di sekitar rumah
Cara
memelihara lingkungan buatan di sekitar rumah (saluran air, taman, jalan)
·
Membuang sampah pada tempatnya
·
Membersihkan taman
·
Membersihkan saluran air
·
Membersihkan sampah yang berserakan
·
Memperbaiki jalan yang rusak
Kita juga
bisa ikut memelihara lingkungan dengan cara:
·
Menegur teman yang membuang sampah sembarangan
·
Membersihkan sampah yang berserakan di sekitar
rumah
·
Menanam pohon pelindung di pinggir jalan
Kita harus
menghindarkan perilaku yang merusak lingkungan di sekitar rumah seperti:
·
Membuang sampah ke saluran air
·
Mencabuti bunga yang ada di taman
·
Mencoret-coret dinding
Tuliskan
cara menjaga kebersihkan lingkungan buatan: saluran air, jalan, taman, pasar
Akibat
lingkungan alam tidak dipelihara:
·
Pembuangan sampah di sungai dapat mencemari air
sungai. Aliran air sungai menjadi tersumbat sehingga menyebabkan banjir.
·
Penangkapan ikan dengan racun dan bahan peledak
dapat menyebabkan laut tercemar. Ikan-ikan pun banyak yang mati.
Bahasa
Hal: 66-67;
69-71; 73-74; 76-77; 84-88; 89-90; 95; 102; 104-107; 111-112; 117-120; 123-124;
127-128
Menyebutkan
kembali isi penjelasan.
Penyakit
deman berdarah ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti.
Nyamuk ini
senang tinggal di air bersih yang menggenang, misalnya bak mandi atau tempat
penampungan air.
Agar
terhindar dari penyakit ini kita harus menjalankan program 3M yaitu:
1.
Menguras bak mandi agar tidak ada telur nyamuk yang melekat pada dinding bak mandi.
2.
Menutup tempat penampungan air sehingga tidak
ada nyamuk yang bertelur di tempat itu.
3.
Mengubur barang bekas sehingga tidak menampung
air hujan dan tidak dijadikan tempat nyamuk bertelur.
Sikap kita
kepada tetangga sebaiknya:
·
Menerapkan sikap saling berbagi
·
Harus selalu hidup rukun
·
Menghargai tetangga yang berbeda agama
·
Mau bekerja sama dengan siapa saja dan
·
Memberi kesempatan beribadah kepada tetangga
yang berbeda agama
Menjelaskan
urutan membuat sesuatu; contoh: membuat sapu lidi, membuat es jeruk; cara
menerbangkan layang-layang, menanam cabai
Membaca teks
dan menjelaskan kata-kata yang sulit.
·
Menggenang = air yang mengumpul karena tidak
mengalir
·
Berkumpul
·
Nyamuk
·
Beribadah
·
Kerja bakti
·
Nelayan = orang yang mata pencaharian utamanya
adalah menangkap ikan (di laut)
·
Angin darat
·
Angin laut
·
Jala
·
aman
Membuat
kalimat dengan ejaan yang tepat
Penggunaan
huruf besar
·
Huruf pertama nama hari dan bulan: hari Senin,
bulan Januari
·
Huruf pertama nama tempat: Bandar Udara Sukarno
Hatta, Taman Asri
Melakukan
kegiatan sesuai petunjuk yang didengar.
Menyusun
kalimat menjadi paragraph
Membaca isi
teks, menjawab pertanyaan dan menarik kesimpulan.
IPA
Hal: 75-76; 81-83; 95-97; 100-102; 113-117; 122-123
Lingkungan
sehat dan tidak sehat
Lingkungan
sehat:
·
Tidak ada sampah berserakan
·
Airnya jernih dan tidak tercemar
·
Udara di sekitarnya terasa segar
Lingkungan
tidak sehat:
·
Sampah berserakan dimana-mana
·
Airnya sudah tercemar sampah
·
Aliran air menjadi tidak lancar
·
Udara di sekitarnya menjadi tidak segar.
Menuliskan
contoh lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
Contoh
lingkungan sehat:
·
Di sekitar rumahku ada lingkungan pasar yang
sering aku kunjungi. Tempatnya cukup jauh dari rumahku. Lingkungan di
sekitarnya bersih. Tidak ada sampah yang berserakan.
·
Di sekitar sekolahku ada taman. Tidak ada sampah
berserakan. Udaranya segar karena pohon-pohonnya rindang.
·
Di depan sekolah ada jalan raya. Di samping
jalan banyak tempat sampah. Tidak ada sampah yang beterbangan. Bahkan ada
banyak pohon perindang. Udara terasa segar.
Contoh
lingkungan tidak sehat:
·
Di dekat rumahku juga ada pasar. Lingkungannya
kotor. Banyak sampah berserakan. Udara di sekitarnya menjadi tidak segar.
·
Ketika aku pulang sekolah aku menjumpai
lingkungan perumahan. Lingkungan itu memiliki selokan air yang kotor. Selokan
itu penuh dengan sampah. Aliran air menjadi tidak lancer. Bau tidak sedap
timbul dari sana. Lingkungan menjadi tidak sehat.
·
Saat aku pulang sekolah, aku melewati sungai.
Banyak orang membuang sampah disana. Airnya menjadi kotor dan keruh.
Penyebab
lingkungan tidak sehat
·
Sampah yang dibuang sembarangan dapat mengotori
lingkungan. Bau dari sampah juga dapat mencemari udara. Kita tidak bisa
bernapas lega.
·
Limbah rumah tangga seperti air bekas cucian
bila dibuang ke sungai dapat mencemari sungai. Air sungai menjadi keruh dan
kotor.
·
Asap kendaraan bermotor dapat mencemari udara.
Asap mengandung gas beracun. Udara bersih menjadi tercemar.
Pengaruh
lingkungan sehat dan tidak sehat terhadap kesehatan
Lingkungan
sehat:
·
Dengan udara segar bernapas menjadi lega
Lingkungan
tidak sehat:
·
Air kotor menyebabkan gatal kulit jika digunakan
untuk mandi
Cara menjaga
lingkungan sekitar:
·
Membuang sampah pada tempatya
·
Memisahkan sampah kering dan basah
·
Membersihkan lingkungan sekitar secara teratur
·
Menanam pohon dan tanaman yang bermanfaat
Peran serta
dalam menjaga lingkungan
·
Menyapu lantai rumah setiap hari
·
Ikut dalam kegiatan piket di sekolah
·
Membuang sampah pada tempatnya
·
Tidak membuang sampah di jalan
·
Merawat pohon yang ada di sekitar kita
PKN
Hal: 74-75;
88-89; 109-111; 121
Penerapan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
1. Semua
warga desa tolong menolong membersihkan desa. Semua berbagi tugas. Semua
bersatu membersihkan desa.
Mau bekerja sama dengan teman yang
berbeda suku dan agama.
2. Ketika
sedang bekerja bakti terdengar suara azan. Warga memberi kesempatan kepada
warga yang beragama Islam untuk menunaikan salat.
Memberi kesempatan beribadah kepada
teman yang berbeda agama.
Mengidentifikasi
nilai-nilai sumpah pemuda
Contoh
pengamalan nilai-nilai sumpah pemuda:
1.
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar:
·
Menggunakan bahasa Indonesia saat berbicara di
sekolah
·
Tidak menggunakan bahasa daerah saat berbicara
dengan teman yang berbeda daerah
·
Guru menggunakan bahasa Indonesia saat mengajar
di sekolah
·
Tidak mengejek bahasa daerah teman yang berasal
dari suku yang berbeda
·
Kasir di swalayan melayani pembeli dengan bahasa
Indonesia
2.
Walaupun berbeda suku bangsa, tetap satu bangsa
Indonesia:
·
Bermain bersama teman yang berbeda suku bangsa
·
Tidak mengejek teman yang berbeda suku
·
Tidak memilih-milih teman, mau berteman dengan
siapa saja
·
Hidup rukun, tolong menolong dan bermain bersama
Matematika
Hal: 67-69;
71-72; 79-80; 91-92; 98; 103-104; 107-109; 120; 124-125
Perkalian
bilangan sampai 100
4 x 8 = 8 + 8 + 8 + 8 = 32
Sifat
pertukaran pada perkalian
3 x 4 = 4 x 3
Sifat
pengelompokkan dalam perkalian
(3 x 4) + (3 x 5) = 3 x (4 + 5)
Mengalikan
bilangan dengan hasil 3 angka
1.
Cara mendatar:
125 x 3 = (100 + 20 + 5)
x 3
= (100 x
3) + (20 x 3) + (5 x 3)
= 300 +
60 + 15
= 375
2.
Cara bersusun panjang
3.
Cara bersusun pendek
Mengingat
kembali pembagian dengan bilangan pembagi terbesar 100
Pembagian bilangan 3 angka
Mengubah
bentuk perkalian menjadi pembagian dan sebaliknya.
4 x 3 = 12 à 12 : 3 = 4 ; 12 :
4 = 3
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan (soal cerita).
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian (soal cerita).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar