Tema 1: PENGALAMAN
IPS
Hal: 2-3; 21-22;
40-41; 62-63
Lingkungan
disekitar kita dapat dibedakan menjadi 2 yaitu lingkungan alam dan lingkungan
buatan.
Lingkungan
alam adalah lingkungan yang terbentuk sendiri secara alami.
Contoh:
gunung, hutan, danau, pegunungan dan laut
·
Sungai biasanya terletak lebih rendah dari
daratan
·
Hutan adalah daerah yang ditumbuhi pepohonan
·
Gunung biasanya terletak lebih tinggi dari
daratan sekitar
·
Danau adalah cekungan di permukaan tanah dan
berisi air
·
Laut adalah permukaan tanah yang paling rendah
Lingkungan
buatan adalah lingkungan hasil buatan manusia
Contoh:
taman, pasar, halte bus, komplek perumahan
Manfaat
lingkungan alam:
1.
Sungai bermanfaat untuk
·
Sarana transportasi
·
Mengairi sawah atau irigasi
2.
Danau bermanfaat untuk
·
Irigasi (pengairan sawah)
·
Bahan baku air minum
·
Perikanan
·
Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
·
Penampungan air untuk mencegah banjir
3.
Laut bermanfaat untuk
·
Sumber mata pencaharian (ikan, garam, rumput
laut)
·
Transportasi
·
Olahraga layar atau selancar
4.
Gunung bermanfaat untuk
·
Lahan perkebunan
·
Sumber bahan bangunan (pasir dan batu-batuan)
·
tempat rekreasi dan olahraga
5.
Hutan bermanfaat untuk
·
Menghasilkan bahan-bahan, seperti rotan dan kayu
·
Menghasilkan udara segar
Lingkungan
buatan di sekitar rumah dan sekolah: taman, kolam, jalan, jembatan, parit dan
gedung-gedung.
Taman dan
kolam memiliki manfaat untuk
·
Memperindah lingkungan
·
Menghasilkan udara yang segar
·
Ikan di kolam bisa dipanen dan dimakan supaya
gizi terpenuhi
Bahasa
Hal: 3-4; 7-8;
11-12; 15-16; 20-21; 26; 27-28; 30-31; 34-35; 38-40; 42-43; 44-45; 52-54; 58-59;
63-64
Pengalaman
berkesan adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
Pengalaman
berkesan dapat dibedakan menjadi 2:
·
Pengalaman yang menyenangkan
Contoh: berkunjung ke rumah kakek; berkebun di
rumah kakek; bersalaman dengan bupati
·
Pengalaman yang menyedihkan
Contoh: jatuh dari sepeda
Membuat
kalimat dengan memperhatikan ejaan.
Penggunaan
huruf besar:
·
Huruf pertama pada awal kalimat
·
Menuliskan nama orang: Pak Rudi, Bu Ani
·
Menuliskan nama suku bangsa: suku Jawa, suku
Sunda
·
Menuliskan nama bangsa: bangsa Indonesia
Menyebutkan
kembali isi penjelasan , contoh: membuat penggaris, pengelompokkan tumbuhan
Membaca
cerita dengan intonasi dan lafal yang jelas.
Membaca
nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
Melakukan
kegiatan sesuai penjelasan yang didengar: membuat telur dadar
Melengkapi
puisi
Menyusun
kalimat menjadi paragraf.
IPA
Hal: 4-7; 12-13;
22-25; 28-30; 43-44; 55-57
Makhluk
hidup: manusia, hewan dan tumbuhan.
Benda tidak
hidup: batu
Ciri-ciri
makhluk hidup:
1. Bergerak
Manusia : berjalan,berlari
Hewan: berjalan, melompat, merayap,
terbang, berenang
Tumbuhan: bergerak namun tidak untuk
berpindah tempat
2. Memerlukan
makanan
Makhluk hidup membutuhkan makanan
untuk tumbuh dan bergerak
Manusia: berasal dari tumbuhan (nasi,
sayur, buah) dan hewan (susu, telur, daging)
Hewan: berasal dari tumbuhan dan hewan
lain
Tumbuhan: berasal dari zat-zat yang
diserap akar dari dalam tanah.
Pengelompokan hewan berdasarkan
makanannya:
·
Karnivora: memakan hewan lain (singa, buaya)
·
Herbivora: memakan tumbuhan (kambing, kuda)
·
Omnivora: memakan hewan dan tumbuhan (tikus)
3.
Mengalami pertumbuhan
Manusia: bayi menjadi dewasa
Anak ayam: telur menjadi ayam dewasa
Tumbuhan: biji menjadi dewasa
4. Selalu
bernapas
Manusia dan hewan bernapas dengan
menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida.
·
Paru-paru: manusia, mamalia, reptil
·
Insang
·
Trakea: semua jenis serangga
·
Kulit: cacing
·
Tumbuhan: melalui stomata (mulut daun)
5.
Berkembang biak
Berkembang biak untuk melestarikan
jenisnya.
Sepasang ayam bisa berbiak menjadi
puluhan ekor
Manusia bertambah banyak karena
memiliki anak
Pengelompokan hewan berdasarkan cara
berkembang biak:
·
Ovivar: bertelur (ikan, burung, reptil dan
katak)
·
Vivivar: melahirkan (mamalia)
·
Ovovivivar: bertelur + melahirkan (ular,
platypus, kadal)
6.
Beradaptasi dengan lingkungan
Makhluk hidup beradaptasi atau
menyesuaikan diri dengan lingkungan agar mampu bertahan hidup.
Kaktus di gurun beradaptasi dengan
bentuk daun berupa duri untuk mengurangi penguapan.
Beruang kutub di daerah dingin
beradaptasi dengan bulu yang tebal untuk melindungi diri dari udara dingin.
7. Mampu
menanggapi rangsangan
Makhluk hidup peka terhadap rangsangan
seperti cahaya, panas, dingin, bunyi, sentuhan, bau dan rasa.
Jika cuaca dingin tubuh akan mengigil.
Jika cahaya berlebihan, mata akan
menyipit.
Hewan-hewan di gunung akan turun bila
merasakan panas akibat aktivitas gunung berapi
Kepekaan terhadap rangsangan ini
membantu makhluk hidup melindungi dirinya.
Kebutuhan
makhluk hidup yang harus dipenuhi:
1.
Makanan
Makanan
merupakan sumber energi untuk tumbuh dan bergerak.
Jika
kekurangan makanan, makhluk hidup akan sulit tumbuh dan tidak mampu bergerak.
2.
Air
Makhluk
hidup memerlukan air untuk minum.
Manusia
memerlukan air untuk mandi, mencuci dan memasak.
3.
Udara untuk bernapas
4.
Cahaya matahari
Manusia
dan hewan: untuk menghangatkan tubuh, menerangi lingkungan dan mengeringkan
berbagai benda.
Tumbuhan:
untuk melakukan proses fotosintesis.
5.
Tempat tinggal
Tempat
tinggal untuk berlindung dari panas, hujan dan bahaya lainnya.
Manusia:
rumah
Hewan:
kandang atau sarang.
Pengelompokan
hewan berdasarkan:
1.
Tempat hidupnya
Darat:
mamalia (harimau, monyet, kuda)
Air:
paus, lumba-lumba, udang, ikan
Darat
dan air (amfibi): katak, salamander
2.
Penutup tubuhnya
Rambut:
tebal (anjing, kucing, singa); tipis (kerbau, tikus, sapi)
Bulu:
ayam, bebek, burung
Sisik:
ikan, ular
Cangkang:
kerang, siput, kura-kura, kepiting, keong, bekicot
3.
Jumlah kaki
Berkaki
2: burung
Berkaki
4: mamalia
Berkaki
6/lebih: serangga
4.
Hewan yang hidup di air
·
Air tawar: mas, lele, mujair, nila
·
Air asin: kembung, paus,lumba-lumba
·
Air payau (air tawar+air asin): bandeng
Pengelompokan
Tumbuhan
1.
Berdasarkan bentuk akar
·
Akar tunggang: akar mangga
·
Akar serabut: akar jagung
2.
Berdasarkan bentuk daun
·
Menyirip: daun mangga, daun jambu, daun salam
·
Melengkung: daun sirih, daun telinga gajah, daun
genjer
·
Menjari: daun papaya, daun singkong, daun jarak
·
Sejajar: daun jagung, daun tebu, daun padi
3.
Berdasarkan bentuk batang
·
Berbatang kayu (memiliki batang yang keras dan
berkayu): pohon jati, pohon jambu
·
Berbatang basah (memiliki batang yang lunak dan
berair): bayam, pacar cina
·
Berbatang rumput (memiliki batang beruas-ruas
dan berongga): rumput gajah, padi
Setiap
makhluk hidup akan mengalami perubahan bentuk dan perkembangan.
1.
Perubahan pada manusia
Manusia
mengalami pertumbuhan. Tanda pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi, besar dan
berat badan.
Bayi
à anak-anak à remaja à dewasa à tua
2.
Pertumbuhan pada hewan
Telur
menetas à
anak ayam bertubuh kecil à
anak ayam tumbuh dan bertambah besar à
ayam dewasa.
3.
Pertumbuhan pada tumbuhan
Biji
à biji berkecambah àmuncullah akar à tumbuh daun dan batang
à menjadi tumbuhan
dewasa à
beberapa tumbuhan akan memiliki bunga
dan buah. Buah itu menghasilkan biji.
Pentingnya
makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olahraga bagi perkembangan
Bertambahnya
tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan.
Pertumbuhan
setiap orang berbeda karena pengaruh makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olahraga.
1.
Makanan bergizi
Makanan
disebut bergizi jika mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh, seperti
karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
Supaya
kebutuhan gizi terpenuhi, diperlukan makanan lengkap yang disebut 4 sehat 5
sempurna.
2.
Kesehatan
Jika
tubuh sehat maka kita dapat beraktivitas dan belajar.
Supaya
kesehatan terjaga, perlu memeriksakan diri secara rutin di posyandu, UKS atau
puskesmas.
3.
Rekreasi
Rekreasi
membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang dan santai.
Pikiran
dan perasaan yang tenang dan senang membuat kita dapat beraktivitas dengan
lebih baik.
4.
Istirahat
Daya
tahan tubuh kita terbatas, sehingga perlu istirahat agar tubuh kembali segar.
Istirahat
yang baik adalah tidur. Tidur membuat tubuh yang lelah dan letih kembali bugar.
5.
Olahraga
Olahraga
adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.
Olahraga
membuat tubuh menjadi kuat dan segar.
Tubuh
yang sehat dak kuat akan lebih tahan terhadap penyakit.
PKN
Hal: 8-9; 18-20;
35-36; 50-52
Suku bangsa
adalah sekumpulan orang yang tinggal di pulau yang memiliki aturan adat, budaya
dan bahasa sendiri.
Dahulu
setiap suku bangsa terpecah-pecah dalam kerajaan-kerajaan yang berdiri sendiri.
Misalnya
kerajaan Singasari (Jawa Timur); Pajajaran di Priangan (Jawa Barat), Mataram
(Yogyakarta).
Mereka
melakukan perlawanan mengusir penjajah namun selalu gagal karena bersifat
kedaerahan.
Akhirnya
mereka sadar bahwa untuk mengusir penjajah diperlukan persatuan.
Tanggal
27-28 Oktober 1928 pemuda dari berbagai daerah berkumpul di Jakarta untuk
mengadakan Kongres Pemuda II. Pemuda ini terdiri dari:
·
Jong Java dari Jawa
·
Jong Sumatranen Bond dari Sumatera
·
Jong Ambon dari Ambon
·
Jong Celebes dari Sulawesi
·
Jong Minahasa dari Minahasa
Kongres
Pemuda II diketuai Sugondo Joyopuspito dan Muh. Yamin sebagai sekretarisnya.
Pada kongres
ini pemuda mengikrarkan 3 janji pemuda (Sumpah Pemuda), yaitu:
1.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah
darah satu, tanah Indonesia.
2.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa
yang satu, bangsa Indonesia.
3.
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa
persatuan, bahasa Indonesia.
Setiap
tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.
Sumpah
Pemuda diucapkan pada Kongres Pemuda II. Waktu itu para pemuda berkumpul dan
sepakat untuk bersatu demi 1 tujuan yaitu kemerdekaan Indonesia. Mereka tidak mempermasalahkan perbedaan suku,
budaya dan keyakinan. Mereka bersumpah untuk satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa Indonesia.
Jadi makna
sumpah pemuda adalah persatuan.
Tari Jaipong
dari Jawa Barat
Tari Srimpi
dari Jawa Tengah
Indonesia
terdiri dari 33 provinsi. Masing-masing memiliki adat istiadat, bahas, rumah
adat, makanan dan kesenian yang berbeda. Meskipun berbeda kita tetap satu
sebagai NKRI.
Perbedaan-perbedaan
itu menjadi kekayaan. Kebersamaan dan persatuan itu indah.
Kita harus
bersedia saling menerima dan menghargai perbedaan. Untuk menjaga persatuan kita
harus menghindarkan sikap saling bermusuhan.
Sumpah
pemuda mengubah yang semula berbeda-beda menjadi kekayaan bangsa Indonesia.
Dengan Sumpah Pemuda kita mengakui kekayaan budaya daerah lain sebagai milik
seluruh masyarakat Indonesia.
Matematika
Hal: 10; 14-15;
26-27; 32; 36-37; 45-48; 54-55; 60-61
Membandingkan
2 bilangan (bilangan ratusan) : lebih besar atau lebih kecil
Mengurutkan
bilangan dengan membuat garis bilangan
Contoh: 21 ,
10 , 17 diurutkan dari yang terkecil menjadi:
10 , 17 , 21
10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21
Pola barisan
bilangan
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
+10
|
Pola
bilangan diatas naik sepuluh-sepuluh.
Bilangan
yang terletak antara 2 bilangan
Contoh:
Tuliskan salah satu bilangan yang teletak
antara 351 dan 360.
Bilangan yang terletak antara 351 dan
360 adalah 352, 353, 354, 355, 356, 357, 358, 359.
Jadi tinggal memilih salah satu dari
ketujuh bilangan itu.
Nilai tempat
bilangan 3 angka.
Contoh :
bilangan 145
Nilai tempat angka 1 adalah ratusan,
nilai angkanya 100.
Nilai tempat angka 4 adalah puluhan,
nilai angkanya 40.
Nilai tempat angka 5 adalah satuan,
nilai angkanya 5.
Penjumlahan
bilangan 3 angka dengan cara bersusun panjang dan cara bersusun pendek.
Pengurangan
bilangan 3 angka tanpa meminjam dengan cara bersusun panjang dan cara bersusun
pendek.
Pengurangan
bilangan 3 angka dengan meminjam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar