RUMAH RINGKASAN

Kamis, 03 Desember 2015

Kelas 3 Tema 1

Tema 1: PENGALAMAN

IPS

Hal: 2-3; 21-22; 40-41; 62-63

Lingkungan disekitar kita dapat dibedakan menjadi 2 yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk sendiri secara alami.
Contoh: gunung, hutan, danau, pegunungan dan laut
·         Sungai biasanya terletak lebih rendah dari daratan
·         Hutan adalah daerah yang ditumbuhi pepohonan
·         Gunung biasanya terletak lebih tinggi dari daratan sekitar
·         Danau adalah cekungan di permukaan tanah dan berisi air
·         Laut adalah permukaan tanah yang paling rendah

Lingkungan buatan adalah lingkungan hasil buatan manusia
Contoh: taman, pasar, halte bus, komplek perumahan

Manfaat lingkungan alam:
1.       Sungai bermanfaat untuk
·         Sarana transportasi
·         Mengairi sawah atau irigasi
2.       Danau bermanfaat untuk
·         Irigasi (pengairan sawah)
·         Bahan baku air minum
·         Perikanan
·         Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
·         Penampungan air untuk mencegah banjir
3.       Laut bermanfaat untuk
·         Sumber mata pencaharian (ikan, garam, rumput laut)
·         Transportasi
·         Olahraga layar atau selancar
4.       Gunung bermanfaat untuk
·         Lahan perkebunan
·         Sumber bahan bangunan (pasir dan batu-batuan)
·         tempat rekreasi dan olahraga
5.       Hutan bermanfaat untuk
·         Menghasilkan bahan-bahan, seperti rotan dan kayu
·         Menghasilkan udara segar

Lingkungan buatan di sekitar rumah dan sekolah: taman, kolam, jalan, jembatan, parit dan gedung-gedung.
Taman dan kolam memiliki manfaat untuk
·         Memperindah lingkungan
·         Menghasilkan udara yang segar
·         Ikan di kolam bisa dipanen dan dimakan supaya gizi terpenuhi

Bahasa

Hal: 3-4; 7-8; 11-12; 15-16; 20-21; 26; 27-28; 30-31; 34-35; 38-40; 42-43; 44-45; 52-54; 58-59; 63-64

Pengalaman berkesan adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
Pengalaman berkesan dapat dibedakan menjadi 2:
·         Pengalaman yang menyenangkan
Contoh: berkunjung ke rumah kakek; berkebun di rumah kakek; bersalaman dengan bupati
·         Pengalaman yang menyedihkan
Contoh: jatuh dari sepeda

Membuat kalimat dengan memperhatikan ejaan.
Penggunaan huruf besar:
·         Huruf pertama pada awal kalimat
·         Menuliskan nama orang: Pak Rudi, Bu Ani
·         Menuliskan nama suku bangsa: suku Jawa, suku Sunda
·         Menuliskan nama bangsa: bangsa Indonesia

Menyebutkan kembali isi penjelasan , contoh: membuat penggaris, pengelompokkan tumbuhan

Membaca cerita dengan intonasi dan lafal yang jelas.
Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Menceritakan pengalaman yang mengesankan.

Melakukan kegiatan sesuai penjelasan yang didengar: membuat telur dadar

Melengkapi puisi

Menyusun kalimat menjadi paragraf.

IPA

Hal: 4-7; 12-13; 22-25; 28-30; 43-44; 55-57

Makhluk hidup: manusia, hewan dan tumbuhan.
Benda tidak hidup: batu

Ciri-ciri makhluk hidup:
1.       Bergerak
Manusia : berjalan,berlari
Hewan: berjalan, melompat, merayap, terbang, berenang
Tumbuhan: bergerak namun tidak untuk berpindah tempat
2.       Memerlukan makanan
Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk tumbuh dan bergerak
Manusia: berasal dari tumbuhan (nasi, sayur, buah) dan hewan (susu, telur, daging)
Hewan: berasal dari tumbuhan dan hewan lain
Tumbuhan: berasal dari zat-zat yang diserap akar dari dalam tanah.
Pengelompokan hewan berdasarkan makanannya:
·         Karnivora: memakan hewan lain (singa, buaya)
·         Herbivora: memakan tumbuhan (kambing, kuda)
·         Omnivora: memakan hewan dan tumbuhan (tikus)
3.       Mengalami pertumbuhan
Manusia: bayi menjadi dewasa
Anak ayam: telur menjadi ayam dewasa
Tumbuhan: biji menjadi dewasa
4.       Selalu bernapas
Manusia dan hewan bernapas dengan menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida.
·         Paru-paru: manusia, mamalia, reptil
·         Insang
·         Trakea: semua jenis serangga
·         Kulit: cacing
·         Tumbuhan: melalui stomata (mulut daun)
5.       Berkembang biak
Berkembang biak untuk melestarikan jenisnya.
Sepasang ayam bisa berbiak menjadi puluhan ekor
Manusia bertambah banyak karena memiliki anak
Pengelompokan hewan berdasarkan cara berkembang biak:
·         Ovivar: bertelur (ikan, burung, reptil dan katak)
·         Vivivar: melahirkan (mamalia)
·         Ovovivivar: bertelur + melahirkan (ular, platypus, kadal)
6.       Beradaptasi dengan lingkungan
Makhluk hidup beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan agar mampu bertahan hidup.
Kaktus di gurun beradaptasi dengan bentuk daun berupa duri untuk mengurangi penguapan.
Beruang kutub di daerah dingin beradaptasi dengan bulu yang tebal untuk melindungi diri dari udara dingin.
7.       Mampu menanggapi rangsangan
Makhluk hidup peka terhadap rangsangan seperti cahaya, panas, dingin, bunyi, sentuhan, bau dan rasa.
Jika cuaca dingin tubuh akan mengigil.
Jika cahaya berlebihan, mata akan menyipit.
Hewan-hewan di gunung akan turun bila merasakan panas akibat aktivitas gunung berapi
Kepekaan terhadap rangsangan ini membantu makhluk hidup melindungi dirinya.

Kebutuhan makhluk hidup yang harus dipenuhi:
1.       Makanan
Makanan merupakan sumber energi untuk tumbuh dan bergerak.
Jika kekurangan makanan, makhluk hidup akan sulit tumbuh dan tidak mampu bergerak.
2.       Air
Makhluk hidup memerlukan air untuk minum.
Manusia memerlukan air untuk mandi, mencuci dan memasak.
3.       Udara untuk bernapas
4.       Cahaya matahari
Manusia dan hewan: untuk menghangatkan tubuh, menerangi lingkungan dan mengeringkan berbagai benda.
Tumbuhan: untuk melakukan proses fotosintesis.
5.       Tempat tinggal
Tempat tinggal untuk berlindung dari panas, hujan dan bahaya lainnya.
Manusia: rumah
Hewan: kandang atau sarang.

Pengelompokan hewan berdasarkan:
1.       Tempat hidupnya
Darat: mamalia (harimau, monyet, kuda)
Air: paus, lumba-lumba, udang, ikan
Darat dan air (amfibi): katak, salamander
2.       Penutup tubuhnya
Rambut: tebal (anjing, kucing, singa); tipis (kerbau, tikus, sapi)
Bulu: ayam, bebek, burung
Sisik: ikan, ular
Cangkang: kerang, siput, kura-kura, kepiting, keong, bekicot
3.       Jumlah kaki
Berkaki 2: burung
Berkaki 4: mamalia
Berkaki 6/lebih: serangga
4.       Hewan yang hidup di air
·         Air tawar: mas, lele, mujair, nila
·         Air asin: kembung, paus,lumba-lumba
·         Air payau (air tawar+air asin): bandeng

Pengelompokan Tumbuhan
1.       Berdasarkan bentuk akar
·         Akar tunggang: akar mangga
·         Akar serabut: akar jagung
2.       Berdasarkan bentuk daun
·         Menyirip: daun mangga, daun jambu, daun salam
·         Melengkung: daun sirih, daun telinga gajah, daun genjer
·         Menjari: daun papaya, daun singkong, daun jarak
·         Sejajar: daun jagung, daun tebu, daun padi
3.       Berdasarkan bentuk batang
·         Berbatang kayu (memiliki batang yang keras dan berkayu): pohon jati, pohon jambu
·         Berbatang basah (memiliki batang yang lunak dan berair): bayam, pacar cina
·         Berbatang rumput (memiliki batang beruas-ruas dan berongga): rumput gajah, padi

Setiap makhluk hidup akan mengalami perubahan bentuk dan perkembangan.
1.       Perubahan pada manusia
Manusia mengalami pertumbuhan. Tanda pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi, besar dan berat badan.
Bayi à anak-anak à remaja à dewasa à tua
2.       Pertumbuhan pada hewan
Telur menetas à anak ayam bertubuh kecil à anak ayam tumbuh dan bertambah besar à ayam dewasa.
3.       Pertumbuhan pada tumbuhan
Biji à biji berkecambah àmuncullah akar à tumbuh daun dan batang à menjadi tumbuhan dewasa à beberapa tumbuhan akan memiliki  bunga dan buah. Buah  itu menghasilkan biji.

Pentingnya makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olahraga bagi perkembangan
Bertambahnya tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan.
Pertumbuhan setiap orang berbeda karena pengaruh makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olahraga.
1.       Makanan bergizi
Makanan disebut bergizi jika mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
Supaya kebutuhan gizi terpenuhi, diperlukan makanan lengkap yang disebut 4 sehat 5 sempurna.
2.       Kesehatan
Jika tubuh sehat maka kita dapat beraktivitas dan belajar.
Supaya kesehatan terjaga, perlu memeriksakan diri secara rutin di posyandu, UKS atau puskesmas.
3.       Rekreasi
Rekreasi membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang dan santai.
Pikiran dan perasaan yang tenang dan senang membuat kita dapat beraktivitas dengan lebih baik.
4.       Istirahat
Daya tahan tubuh kita terbatas, sehingga perlu istirahat agar tubuh kembali segar.
Istirahat yang baik adalah tidur. Tidur membuat tubuh yang lelah dan letih kembali bugar.
5.       Olahraga
Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.
Olahraga membuat tubuh menjadi kuat dan segar.
Tubuh yang sehat dak kuat akan lebih tahan terhadap penyakit.

PKN

Hal: 8-9; 18-20; 35-36; 50-52

Suku bangsa adalah sekumpulan orang yang tinggal di pulau yang memiliki aturan adat, budaya dan bahasa sendiri.

Dahulu setiap suku bangsa terpecah-pecah dalam kerajaan-kerajaan yang berdiri sendiri.
Misalnya kerajaan Singasari (Jawa Timur); Pajajaran di Priangan (Jawa Barat), Mataram (Yogyakarta).
Mereka melakukan perlawanan mengusir penjajah namun selalu gagal karena bersifat kedaerahan.

Akhirnya mereka sadar bahwa untuk mengusir penjajah diperlukan persatuan.
Tanggal 27-28 Oktober 1928 pemuda dari berbagai daerah berkumpul di Jakarta untuk mengadakan Kongres Pemuda II. Pemuda ini terdiri dari:
·         Jong Java dari Jawa
·         Jong Sumatranen Bond dari Sumatera
·         Jong Ambon dari Ambon
·         Jong Celebes dari Sulawesi
·         Jong Minahasa dari Minahasa

Kongres Pemuda II diketuai Sugondo Joyopuspito dan Muh. Yamin sebagai sekretarisnya.

Pada kongres ini pemuda mengikrarkan 3 janji pemuda (Sumpah Pemuda), yaitu:
1.       Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia.
2.       Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3.       Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda diucapkan pada Kongres Pemuda II. Waktu itu para pemuda berkumpul dan sepakat untuk bersatu demi 1 tujuan yaitu kemerdekaan Indonesia.  Mereka tidak mempermasalahkan perbedaan suku, budaya dan keyakinan. Mereka bersumpah untuk satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia.
Jadi makna sumpah pemuda adalah persatuan.

Tari Jaipong dari Jawa Barat
Tari Srimpi dari Jawa Tengah
Indonesia terdiri dari 33 provinsi. Masing-masing memiliki adat istiadat, bahas, rumah adat, makanan dan kesenian yang berbeda. Meskipun berbeda kita tetap satu sebagai NKRI.
Perbedaan-perbedaan itu menjadi kekayaan. Kebersamaan dan persatuan itu indah.
Kita harus bersedia saling menerima dan menghargai perbedaan. Untuk menjaga persatuan kita harus menghindarkan sikap saling bermusuhan.

Sumpah pemuda mengubah yang semula berbeda-beda menjadi kekayaan bangsa Indonesia. Dengan Sumpah Pemuda kita mengakui kekayaan budaya daerah lain sebagai milik seluruh masyarakat Indonesia.

Matematika

Hal: 10; 14-15; 26-27; 32; 36-37; 45-48; 54-55; 60-61

Membandingkan 2 bilangan (bilangan ratusan) : lebih besar atau lebih kecil

Mengurutkan bilangan dengan membuat garis bilangan
Contoh: 21 , 10 , 17  diurutkan dari yang terkecil menjadi: 10 , 17 , 21

            I           I           I           I           I           I           I           I           I           I           I           I          
10       11       12       13       14       15       16       17       18       19       20       21

Pola barisan bilangan

            I           I           I           I           I           I           I           I           I           I           I           I          

+10
600     610     620     630     640     650     660     670     680     690     700     710

+10

+10

+10

+10

+10

+10

+10

+10

+10

+10
 



Pola bilangan diatas naik sepuluh-sepuluh.

Bilangan yang terletak antara 2 bilangan
Contoh:
Tuliskan salah satu bilangan yang teletak antara 351 dan 360.
Bilangan yang terletak antara 351 dan 360 adalah 352, 353, 354, 355, 356, 357, 358, 359.
Jadi tinggal memilih salah satu dari ketujuh bilangan itu.

Nilai tempat bilangan 3 angka.
Contoh : bilangan 145
Nilai tempat angka 1 adalah ratusan, nilai angkanya 100.
Nilai tempat angka 4 adalah puluhan, nilai angkanya 40.
Nilai tempat angka 5 adalah satuan, nilai angkanya 5.

Penjumlahan bilangan 3 angka dengan cara bersusun panjang dan cara bersusun pendek.

Pengurangan bilangan 3 angka tanpa meminjam dengan cara bersusun panjang dan cara bersusun pendek.
Pengurangan bilangan 3 angka dengan meminjam.


                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar